Tamatan MAN 1 Padang Panjang Menguak Belantara Ilmu di Turki

By fekrinovidra 22 Agu 2021, 12:28:09 WIB Pendidikan
Tamatan MAN 1 Padang Panjang Menguak Belantara Ilmu di Turki

Aisyah Raudhatul Ilmi adalah sosok tageh tamatan MAN 1Kota Padang Panjang tahun 2021 dari jurusan Keagamaan, kelas XII IK Satu. Si bungsu dari tiga bersaudara ini berasal dari Pincuran Tinggi, Panyalaian, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Darah gigihnya merupakan warisan ibundanya yang  seorang pendidik di SMK 1 di kota ini. Sementara sikap rendah hatinya tertoreh dari sang ayah yang sehari hari bekerja mengelola pertanian. Gadis belia ini pantang menyerah dan berkemauan bagai baja.

Untuk memperoleh ilmu lebih, dia  mau mengikuti les Bahasa Inggris sampai ke Bukittinggi. Bukan itu saja, dia juga seorang hafizul Quran dan cerdas berbahasa Arab. Bermodalkan hasrat ingin dapatkan pengalaman luar negeri, Aisyah tidak mengikuti jalur SPAN-PTKIN untuk melanjutkan pendidikannya. Dia kukuh dengan keinginan kuliah di negeri asing. 

Sebuah kegigihan yang patut diacungkan jempol, dari test delapan Perguruan Tinggi luar  negeri yang  diikutinya, empat diantaranya menyatakan  ia diterima. Dengan segala pertimbangan maka jatuhlah pilihannya pada Jurusan Ilmu Politik Perguruan Tinggi  Kastamonu di Turki. Bukankah ini sebuah perolehan yang luar biasa?

Kentalnya semangat menuntut ilmu pada Aisyah akan jadi suplemen tersendiri bagi teman sebayanya, begitu juga dengan anda dan saya. Dapatkah kita bayangkan, dia tiga bersaudara, ketiganya perempuan. Kakak sulungnya tengah menuntut ilmu di STAI Assunah Medan,  Tanjung Morawa, yang kedua juga tengah menuntut ilmu di Al Azhar. Kini si Bontot juga akan melangkah ke manca negara meninggalkan keluarganya.

Ketika ditanya, betapa Aisyah sagat berterima kasih pada sokongan ayah bundanya. Orang tua yang  berjibaku mendorong ketiga anaknya tuk menuntut ilmu ke negeri orang. Ada sebulir butiran bening mengambang di kelopak matanya saat kami membicarakan ini. Berjuta kata yang tak bisa dia ungkap. Bertumpuk makna yang  disiratkan bola matanya ketika ia pamit ke madrasah yang ia cintai, MAN 1 Kota Padang Panjang yang telah mengantarkannya sampai titik ini.

Bertepatan pada Sabtu 21 Agustus 2021 ia berpamitan  pada gurunya di madrasah. Ketika mengucap salam,  ada rasa haru dan kagum dengan sikap anak ini. Berpuluh pasang mata  merasa bangga pada pencapaiannya. Makanya kepala MAN 1 Kota Padang Panjang, H Julpiadi Hutabarat, S.Ag. M.S.I yang didampingi oleh Kaur TU, Drs. Masri dan para wakil kepala, saat dikunjungi di ruang kerja tak sungkan merogoh kantong, menyerahkan sekepal uang tuk bekal di perjalanan. Bahkan majelis guru pun berbuat hal yang sama meski dengan cara sembunyi.

Ketika bersalaman Julpiadi berpesan dan menyemangati Aisyah agar sungguh sungguh belajar.

" Tuntutlah ilmu setinggi bintang di langit, namun rendahkanlah hatimu serendah mutiara di dasar laut. Semoga ilmu yang didapat menjadi berkah. Berguna bagi bangsa dan negara. Satitiak kok untuang jadi lauik, sakapa kok untuang jadi gunuang. Bia pinjaik nak jadi kapak. Untuang babuah simawang jantan. Untuang tabangkik batang tarandam. (am-humas)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment