DR. Novi Hendri, SE., M.Si., Dt. Bagindo Saidi, Pembina Upacara MAN 1 Kota Padang Panjang

By fekrinovidra 08 Mar 2021, 21:09:31 WIB Pendidikan
DR. Novi Hendri, SE., M.Si., Dt. Bagindo Saidi, Pembina Upacara MAN 1 Kota Padang Panjang

 

Upacara bendera merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan oleh berbagai instansi setiap senin pagi. Begitu juga halnya dengan Green Campus MAN 1 Kota Padang Panjang, kegiatan yang sempat vakum akibat pandemi covid 19 ini kembali mulai diaktifkan lagi sejak awal tahun 2021 yang diawali dengan upacara pelantikan pengurus OSIM/MPK serta beberapa organisasi lainnya. Hanya saja, ada yang istimewa dengan  upacara ke-dua yang dilaksanakan di masa pandemi, Senin, 8 Maret 2021. 

Selain penampilan memukau siswa kelas XII, yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikan mereka di kampus ini, sebagai pelaksana upacara kali ini, pembina upacarapun terasa berbeda dari biasanya karena amanat upacara disampaikan oleh Bapak Ketua Komite MAN 1 Kota Padang Panjang, DR. Novi Hendri, SE., M.Si., Dt. Bagindo Saidi. Dalam amanatnya, beliau mengibaratkan ‘madrasah  layaknya sebuah rumah, dimana rumah tersebut harus memiliki pondasi, tiang, serta atap yang kuat dan kokoh agar tidak mudah roboh dihantam badai.Kemudian beliau mendorong seluruh warga madrasah untuk saling bahu membahu dalam memajukan madrasah dengan menyatukan tekad agar tujuan madrasah tercapai dan membuahkan hasil yang luar biasa.

Yang tidak kalah menariknya dari pelaksanaan upacara yang spesial ini, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) kepada beberapa perwakilan siswa per tingkat yang langsung disaksikan oleh orang tua masing-masing. Penerima beasiswa dari siswa kelas X diwakili oleh wakil ketua OSIM, Alvino Zul Putra, Ihsanul Huda, ketua OSIM, sebagai perwakilan kelas XI dan Nikma Syukira mewakili penerima beasiswa dari kelas XII. Masing masing siswa penerima beasiswa ini akan mendapatkan dana pendidikan sebesar Rp.500.000,- untuk siswa kelas X dan Rp.1.000.000,- umtuk kelas XI dan kelas XII.

Selain penyerahan beasiswa, dalam upacara kali ini juga disertai dengan penyerahan sertifikat PIGPM (Program Induksi Guru Pemula) kepada enam orang guru pemula di MAN 1 Kota Padang Panjang langsung oleh Bapak Kepala Madrasah, H. Julpiadi Hutabarat, M.Si.

Puncak kemeriahan rentetan acara kali ini diwarnai dengan pemotongan tumpeng, pemotongan pita serta penerbangan balon ke udara sebagai bentuk peresmian dari launching sanggar seni madrasah “Batikam Jajak” dengan guru seni budaya, Yusna Yensi, S. Sn., dan Yenni Rahma, S. Sn., sebagai pembina. Dalam acara launching tersebut, sanggar seni yang baru diresmikan ini mempersembahkan penampilan seni yang mampu menyedot perhatian warga madrasah saat itu, yakni berupa silek seni dan tari piriang yang dipersiapkan hanya dalam waktu yang singkat. Sanggar ini memiliki slogan “Sairiang Saayun Saiyo Sakato Allahuakbar”.

 

Rentetan kegiatan hari ini ditutup dengan manis oleh penampilan para pemenang Duta Genre Kota Padang Panjang tahun 2021 yang memberikan sosialisasi tentang “Masalah Pernikahan di Usia Anak dan Pencegahannya”. Sosialisasi ini semakin meriah dengan penyerahan piala dan salempang kepada 2 orang duta perwakilan MAN 1 Kota Padang Panjang, yakni Andrea Mayang Sari yang berhasil meraih Runner Up 1, dan Zickri Fahrian sebagai peringkat 5 dalam ajang Pemilihan Duta Genre yang dilaksanakan bulan lalu. Selamat kita ucapkan kepada pemenang. (Divisi Jurnalistik dan Pendidikan)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment