MAN 1 Kota Padang Panjang Peringati Tahun Baru Islam

By fekrinovidra 14 Agu 2021, 06:14:21 WIB Pendidikan
MAN 1 Kota Padang Panjang Peringati Tahun Baru Islam

Di tengah pandemi ini meski dalam kondisi terbatas, namun semangat beragama tetap menyala dan berpantang redup. Inilah yang menjadi dasar pemikiran kenapa MAN 1 Kota Padang Panjang tetap memperingati masuknya Tahun Baru 1443 Hijrah.

Hari ini Jumat 13 Agustus 2021 peringatan satu Muharram digelar di lapangan madrasah. Meski baru menghadirkan siswa kelas X namun acara tetap terkesan wah. Bermula dengan pembukaan oleh 3 orang MC dengan berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Dilanjutkan dengan pembacaan wahyu ilahi dan saritilawah.  Lalu ceramah agama oleh perwakilan siswa baru.

Acara ini dikemas oleh OSIM MAN 1 Kota Padang Panjang yang dibinana oleh Nila Fatmawati, S.Pd.I setelah beberapa kali berkonsultasi dengan Wakil Kesiswaan Albazar, S.Pd. maka rampunglah kegiatan ini. Tentunya tetap dengan melibatkan unsur pimpinan serta Kepala Madrasah  selaku pemangku kebijakan.

Tahun baru islam itu diawali ketika pertama hijrahnya Nabi Muhammmad SAW dari Mekah ke Medinah. Inilah momentum sejarah penanda  awal tahun yang sebenarnya. Namun demikian menurut kepala MAN 1 Padang Panjang, H. Julpiadi Hutabarat, S.Ag. M.S.I.  bahwa hakikat  peringatan tahun baru Hijrah itu  adalah orang yang mau berpindah dari pribadi yang tidak baik kepada pribadi yang lebih baik, mau berbuat baik serta memperbaiki orang lain. 

Dalam taushiahnya Ustadhz Hendri , S.Pd. MA sekaligus kepala SMP Muhammadiyah Padang Panjang menyampaikan enam kiat agar hijrah tidak gagal. Pertama adalah meluruskan niat untuk apa kita  berhijrah. Kedua adalah agar bersahabat dengan orang yang alim,  yakni bergaul di lingkungan yang baik. Ketiga hendaklah  menguatkan pondasi tauhid dan aqidah. Keempat mempelajari Alquran dan mengamalkannya. Kelima agar tetap beramal walaupun sedikit. Keenam banyak berdoa agar Istiqomah dalam berhijrah. 

Di akhir acara tampil  ke depan salah seorang siswa kelas X mantan juara MTQ tingkat propvinsi membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW serta memimpin doa. Acara berlangsung asik di bawah siraman matahari pagi. (am-humas)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment